BUMI DAN LANGIT BERTASBIH

Bismillah..... Jika kita perhatikan akhir-akhir ini banyak sekali kejadian-kejadian yang melibatkan bumi dan langit bermain-bermain, bersenda gurau dengan makhluk lain yang berada di dalamnya. Seperti adanya Gempa, Tanah Longsor, Banjir, Banjir Bandang, Tsunami, Gunung Meletus dan lain-lain. Tapi dibalik itu semua ternyata Bumi dan Langit telah melakukan suatu Ritual Keagamaan dengan Bertasbih kepada Allah SWT. Seperti Bertasbihnya Manusia kepada Allah dengan membaca kalimat-kalimat Toyyibah, ternyata Bumi dan Langit juga melakukan Tasbih kepada Tuhannya dengan cara yang lain. Bumi dan Langit melakukan Tasbih kepada sang Pencipta dengan cara mengeluarkan Gemuruh, Gelegar, Gemericik, dan lain-lain. Sehingga kita jangan pernah menyangka bahwa Bumi dan Langit tidak bertasbih kepada Allah SWT, hal ini karena mereka termasuk Makhluk yang diciptakan oleh sang Pencipta yaitu Allah SWT. Alhamdulillah....

Comments

  1. Setuju pa, bahwa sebenarnya seluruh ciptaan Allah Swt. itu bertasbih kepada-Nya. Jadi, jika ada orang yang tidak mau bertasbih, dia tidak mengaku ciptaan Allah Swt.

    ReplyDelete
  2. Keren pak postingan nya :D
    Setuju deh sama gilang (y) hehe

    ReplyDelete
  3. idih keren pak posting nya, baru tau bagaimana cara lagit dan bumi bertasbih

    ReplyDelete
  4. waw setuju banget pa karna setiap apa-apa yang di ciptakan olleh allah swt sangat banyak unsur-unsur yang tidak kita ketahui contoh nya saja bumi dan langit bisa bertasbih,,,

    ReplyDelete
  5. Like pa, sebagai ciptaan Allah Swt selayaknya kita semua bertasbih kepada-Nya

    ReplyDelete
  6. Muhammad Alfikri Ridwanulloh : Bener pak, like pisan. Akhir akhir ini banyak kejadia yang aneh aneeh pak. Kembali KE Al-Qur'an

    ReplyDelete
  7. bener pak kata alfikri, harus kembali ke al-qur'an, karena al'qur'an adalah pedoman hidup kita..

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. aamanulloh imam zuhdii:pak bagus banget tentang bumi dan langit bertasbih.bahwa disini ada banyak makna bahwa kita harus ingat bahwa setiap yang ada di dunia ini telah ada di dalam al-quraan yang isinya tentang bumi dan seisinya hanya milik allah
    so all in world just allah SWT
    have

    ReplyDelete
  10. bener pa setuju karena semua yang telah diciptakan Allah selalu bertasbih kepada-NYA. karena semuanya adalah milik Allah.

    (Reza Fadilah)

    ReplyDelete
  11. extraordinary posted mister (Y)..

    Begitu banyak yang kita tahu. Namun pengetahuan itu hanyalah sedikit dari pengetahuan-Nya. Langit dan Bumi adalah sebuah anugrah yang tersirat makna dalam lazuardi.

    Subhanallah, sesuatu pak, bagaimana bumi dan langit begitu rajin bertasbih. sedang kita sebagai makhluk sempurna-Nya jarang akan itu.

    Postingan bapak membuka banyak mata manusia akan rahasia Allah. Marilah kita Bertasbih! :)

    ReplyDelete
  12. Azwar A.S
    na'am tadz, ternyata yang selama ini kita lihat bisu, tetap bertasbih bahkan bumi yang kita injak ini, langit yang melindungi kita ini semua ciptaan sang kholik mereka turut bertasbih.
    maka kita manusia yang ditugaskan menjadi khalifah di bumi, makhluk paling sempurna cipataan allah, kita yang di tugaskan beribadah,sudah selayaknya kita harus bertasbih kepada Allah Swt.
    syukron tadz, postingannya bermanfaat :)

    ReplyDelete
  13. achmad luthfi :
    saya setuju pak, saya baru sadar, ternyata bukan hanya makhluk hidup saja yang bertasbih, tetapi langit dan bumi juga ikut bertasbih.
    dan satu lagi posyingnya bagus pak :)

    ReplyDelete
  14. sip pa Setuju!! semua ciptaan-Nya pasti berstabih kepada-Nya, hanya cara mereka bertasbih itu berbeda beda .. malaikat, manusia, hewan, tumbuhan, air, langit, bumi, planet-planet, matahari semuanya bertasbih memuji kebesaran Sang Pencipta. Tasbih dari alam semesta ini ada yang dapat dijangkau oleh pemikiran dan penglihatan mata manusia yang terbatas, namun banyak juga sebenarnya bentuk-bentuk tasbih yang tidak bisa dilihat langsung oleh panca indra kita yang terbatas. seperti halnya langit dan bumi seperti yang bapak jelaskan tadi :)

    Fariz Maula Yusuf

    ReplyDelete
  15. dicky eliyanto :
    saya juga setuju pak, ternyata bumi dan langit juga bisa ikut bertasbih. :)

    ReplyDelete
  16. saya setuju pa,saya juga ikut bertasbih

    ReplyDelete
  17. assalamu'alaikum pak,,,,
    subhanallah pak saya baru tau bahwa suara petir atau kilatan-kilatan tersebut adalah suatu bentuk bertasbihnya langit, Terimakasih pak Ilmu nya .
    wassalamu'alaikum, (y)

    ReplyDelete
  18. Bukan hanya manusia bahkan bumi dan langit pun bertasbih kepada Alloh.
    Subhanalloh

    ReplyDelete
  19. Setuju pak, Bumi dan Langit aja bertabih kepada allah masa kita sebagai manusia tidak bertasbih kepada allah..

    ReplyDelete
  20. Setuju pisan Pak . kita harus bisa mencontoh kepada bumi dan langit >>> Ayif 9D

    ReplyDelete
  21. Wanda IX-C
    bener banget pa bumi dan langit itu punya cara sendiri untuk bertasbih kepada sang penciptanya yaitu Alloh SWT oleh karena itu kita sebagai manusia harus banyak banyak ber dzikir karena kita hanyalah manusia dan kan kembali padanya :D
    semoga dari postingan ini akan membuka mata manusia yang gelap gulita akan dosa Amin

    ReplyDelete
  22. Muhammad Ibtihaj Han, 9C.

    Sesuai perintah Allah, begitulah cara mereka bertasbih. Saat hujan tuhan inginkan turun, mereka berjatuhan. Tuhan inginkan angin berhembus, mereka melesat. Tuhan inginkan matahari terus bersinar, dia jawab siap. Namun masyaallah, sangat miris dengan apa yang selama ini terjadi. Teringat surat Rum ayat 41 yang artinya, "Corruption has appeared throughout the land and sea by what the hands of people have earned so He may let them taste part of what they have done that perhaps they will return" atau "Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)."

    Dari ayat di atas, bisa diambil kesimpulan bahwa sebenarnya diantara manusia-manusialah orang-orang lalai memenuhi. Mereka bahkan lupa tuhannya, dan sebagai bukti bahwa bumi ini bertasbih adalah dengan bencana-bencana yang datang itu. Bumi ini, sudah tak mau lagi dihuni orang-orang yang lupa Allah..

    Setuju dengan postingan Bapak!!

    ReplyDelete
  23. setuju mister.. Ini harus menjadi pelajaran buat kita apakah kita selalu bertasbih kepada Allah?

    ReplyDelete
  24. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  25. Fadhilah Muhammad Akbar 9C

    jawaban saya udah keambil pa, saya setuju sama yang diatas aja deh, benda yang istilahnya itu mati, yang diciptakan oleh allah juga bertasbih, masa kita ngga pa..

    ReplyDelete
  26. Itulah cara tasbihan mereka,itu semua kehendak Dari Sang Maha Pencipta yaitu Allah SWT. Maka dari itu,apakah kita sebagai mkhluk yg paling mulia tidk mau mengucapkan kalimat tasbih ? Ingatlah kebesaran Sang maha Kuasa !! Bencana dimana2 !! Itulah tanda2 bahwa manusia keyakinan,rasa syukur,dan rasa kebesaran kepada Sang Khalik sudah berkurang..... Agree with your sentence mr abduh ! Thnks for the knowledge that now I know !!

    ReplyDelete
  27. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  28. Faris Santika D IX C

    Simple aja Pa, Langit & bumi aja bertasbih . Masa kita kalah sama langit & bumi ?

    ReplyDelete
  29. subhanallah pak,saya baru tahu bahwa langit dan bumi bertasbih, saya setuju pak! kita sebagai umat muslim malu masa kita kalah dengan bumi & langit, bumi & langit aja bertasbih masa kita sebagai umat manusia tidak bertasbih, berarti kita tidak ingat pada sang Pencipta :)

    ReplyDelete
  30. setuju pak!! langit dan bumi juga punya caranya sendiri untuk bertasbih kpd Allah Swt.
    kita juga harus senantiasa bertasbih kepada Allah dan jangan mau kalah sama langit dan bumi.

    ReplyDelete
  31. setuju sir! itulah cara langit dan bumi bertasbih. postingannya sangat bagus! kita jangan kalah sama langit dan bumi.

    ReplyDelete
  32. ya pak, sebagai makhluk ciptaan Allah kita juga harus senantiasa bertasbih kepada Allah Swt.

    ReplyDelete
  33. yah komen saya keduluan sama Muadzin dah

    mungkin cara mereka beda, tetapi tetap, semua ciptaannya bertasbih kepadanya

    ReplyDelete
  34. subhanalloh ternyata bumi dan langit juga bertasbih, tapi dengan cara mereka sendiri.Kita bisa mengambil hikmah dari artikel ini bahwa langit dan bumi saja bertasbih, apalagi kita sebagai khalifah di bumi ini.

    ReplyDelete
  35. sesuatu yah mister.. Ternyata langit dan bumi itu bertasbih seperti manusia, tetapi cara mereka bertasbih berbeda halnya dengan manusia, langit dan bumi bertasbih dengan mengeluarkan gemuruh, geleger, gemercik, dll.
    Sesuai dengan firman Allah yaitu, setiap makhluk diciptakan untuk beribadah dan bertasbih kepada-Nya.
    Oleh karena itu kita jangan pernah menyangka bahwa langit dan bumi itu tidak bertasbih.

    ReplyDelete
  36. saya kagum pak, termyata bumi juga bisa bertasbih, bersenda gurau, dll dengan mahluk yang ada di dalamnya.. namun mereka melakukannya dengan cara berbeda dan mengagumkan. benar Allah itu adalah pencipta semua yang ada di seluruh alam semesta..

    ReplyDelete
  37. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  38. subhannallah maha suci allah..
    diaberkehendak atas segala apa yang ia ciptakan..
    bumi dan langit aja bertasbih. seharusnya kita juga bertasbih sebagai mahkluk yang berakal

    ReplyDelete
  39. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  40. Subhanallah pak, ternyata kalo lagi bencana seperti Gempa, Tanah Longsor, Banjir Bandang, Tsunami, Gunung Meletus itu tandanya bumi dan langit sedang bersenda gurau??? aw aw aw serem hehe
    Jadi kita juga harus ikut bertasbih juga, supaya bumi dan langit ga suka bersenda gurau lagi (???)

    ReplyDelete
  41. bagus sekali postingannya pak , ini mungkin menunjukan bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia yakin mempunyai maksud dan tujuan tertentu , seperti contohnya , gempa bumi dll , itu mungkin menyebabkan banyak jiwa melayang , akan tetapi dibalik itu semua , ternyata bumi dan langit itu sedang bertasbih menurut caranya sendiri , cara yang tentunya sangat berbeda dengan manusia , terimakasih postingan yang sangat bermanfaat ini pak , mudah-mudahan bisa membuat kita semua sadar, menjadi orang yang baik , dan pandai-pandai bersyukur dengan apapun kehendak allah yang terjadi :)

    ReplyDelete
  42. pak, postingsannya bagus ternyata bukan hanya manusia saja yang bisa bertasbih tetapi semua mahluk allah juga bisa bertasbih contohnya seperti bumi & langit. Bumi & langit bertasbih dengan cara bergemuruh

    ReplyDelete
  43. pak subhanalloh banget ya pak.
    dengan nama alloh sunggguh tak ada tandingan semua berdikir bertasbih dalam keadaan apapun sedih senang susah duka bahagia kelaparan bencana semua nya berdikir.. bahkan kita sebagai manusia pun kadang lalay untuk berdikir kepada alloh yang maha pengasih lagi maha penyayang..yang mempunyai hari pembalasan..sunggu tak bisa di bayangkan apabila semua di dunia ini tak ada yang berdikir akan alloh kasi musibah apa kita ini..

    ReplyDelete
  44. Pak Saya setuju...,karena bukan manusia saja yang bisa bertasbih...
    meskipun binatang tumbuhantidak bisa berbicara berintrofeksi seperti manusia yang mahkluk sempurna.

    ReplyDelete
  45. singkat aja pak.
    karena smuanya ciptaan alloh jd sbagai mahkluknya hrus senantiasa bertasbih.

    ReplyDelete
  46. iya pak setuju, tambahan saya pernah dengar bahwa bumi pun bertasbih dengan dengan berputar juga, terima kasih, maaf telat pak.

    ReplyDelete
  47. bagus sekali pak!!!
    ternyata langit dan bumi juga bisa bertasbih, coba lagi deh pak cari yang lain kan masih banyak yang bisa bertasbih :)

    ReplyDelete
  48. setuju pa supaya orang2 yg mabok,judi,narkoba dan lain2 bisa taubat pa dan ingat kembali kpd allah swt pa.

    ReplyDelete
  49. saya setuju pak, bahwa langit dan bumi itu bisa bertasbih. blog bapak bagus postingnya menarik, kalo bisa update tiap 1 jam sekali pak.

    ReplyDelete
  50. Subhanallah pak. Saya baru tau bumi dan langit bisa bertasbih. Nice info pak..

    ReplyDelete
  51. wih pa , itu bagus banget buat pendidikan , biar kita tau tuh mana yang benar dan mana yang salah :D

    ReplyDelete
  52. subhanalloh,ternyata bumi & langit juga melakukan sebuah ritual keagamaan yaitu bertasbih kpd Allah.
    postingnya bagus!!

    ReplyDelete
  53. iyah pa saya setuju pak.allhamdulilah yah pa sesuatu banget yahh.(y).
    bagus sekali pak!!!
    inget ker ngora mun kikiye an teh pakk..

    ReplyDelete
  54. iyah pa sip setuju.....
    bagus sekali pa....
    kita harus mengingat allah....

    ReplyDelete
  55. Setuju pa, bahwa sebenarnya seluruh ciptaan Allah Swt. itu bertasbih kepada-Nya. Jadi, jika ada orang yang tidak mau bertasbih, dia tidak mengaku ciptaan Allah Swt.

    ReplyDelete
  56. ya setuju pa :)
    nuhun pa kitu hungkul meureun

    ReplyDelete
  57. I think this is the most unique task that i've ever had, haha :D
    I agree of you sir,all the things that Allah made, they always glorify to their God, for example : The Sun, The moon, The earth,and The galaxy.
    They have difference way to praise their God, the moon, it surround the earth, the earth, it surround the sun, and so on.
    Want we lose by the sun?want we lose by the earth that always praise to our God? we have to glorify to Allah every day, however the process.
    From now, make it become your habit !! Don't want to lose by the Sun, We are the most perfect thing that Allah made !!

    ReplyDelete
  58. Setuju pa, bahwa sebenarnya seluruh ciptaan Allah Swt. itu bertasbih kepada-Nya, jika ada orang yang tidak mau bertasbih, dia tidak mengaku ciptaan Allah Swt

    ReplyDelete
  59. Subhanallah pak. Saya baru tau bumi dan langit bisa bertasbih. Nice info pak.. #IQBAL FACHRI HUSAENI IX-E

    ReplyDelete
  60. oh gitu ya pak cara langit dan bumi bertasbih baru tau....

    ReplyDelete
  61. Assalamulaikum wr. wb
    pak blog nya bagus....ternyata semua mahluk termasuk langit dan bumi selalu bertasbih..kita manusia kadang lupa bertasbih kepada-Nya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

PERBEDAAN PANDANGAN ANTARA DEMING, JURAN, DAN CROSBY

MANAJEMEN PEMBIAYAAN