PERKEMBANGAN JANIN



Rata-rata kehamilam manusia berlangsung selama 38 minggu dari pembuahan hingga kelahiran, atau sekitar 9 bulan. Minggu-minggu awal adalah waktu paling kritis dalam perkembangan janin selanjutnya. Karena pada saat ini semua organ utama terbentuk.

Minggu 2
Pembuahan terjadi pada akhir minggu kedua. Sel telur yang telah dibuahi membelah dua 30 jam setelah dibuahi. Sambil terus membelah, sel telur bergerak di dalam lubang falopi menuju rahim. Setelah membelah menjadi 32, sel telur disebut morula.
Sel-sel mulai berkembang dan terbagi kira-kira dua kali sehari sehingga pada hari yang ke-12 jumlahnya telah bertambah dan membantu blastocyst terpaut pada endometrium.

Minggu 3
Sampai usia kehamilan 3 minggu, Anda mungkin belum sadar jika sedang mengandung. Sel telur yang telah membelah menjadi ratusan akan menempel pada dinding rahim disebut blastosit. Ukurannya sangat kecil, berdiameter 0,1-0,2 mm.

Minggu 4-5
Pada minggu ke 4, ukuran embrio kurang dari 1 mm, tetapi sudah membentuk struktur khusus, pada minggu ke 5 jantung mulai bedetak.

Minggu  6-7
Pada minggu 6 pada embrio terbentuk tunas kecil untuk kaki dan tangan, otak awal terbentuk juga sumsum tulang belakang, selama minggu ini juga mata, hidung, mulut mulai terbentuk, dan jantung sudah terbagi menjadi empat bilik. Dan pada minggu ke 7 jantung muloai berdetak, ukuran embrio sekitar 8 mm.

Minggu 8-11
Pada minggu ke 8 hati mulai menghasilkan sel-sel darah merah dan mulut mulai terbuka. Pada minggu ke 9 jari-jari kaki mulai terbentuk. Pada minggu ke 10 selaput pada jari-jari dan kaki menghilang, dan ekor sudah menghilang, pada minggu ini embrio sudah terbentuk menjadi janin dan sudah dikenali sebagai manusia. Pada minggu ke 11 ginjal mulai bekerja dan memproduksi air seni, ukuran janin sekitar 5 cm.

Minggu 12-15

Pada minggu 12 otot mulut mempunyai respon untuk mengembang dan menghisap, Akhir minggu 13 menandai akhir trimester pertama. Pada saat ini semua organ telah terbentuk. Pada minggu 14, kerangka mengeras menjadi tulang, dan pada minggu 15 dimulai pembuatan empedu, serta sudah dapat dibedakan jenis kelamin nya (Laki-laki/Perempuan). Panjang sekitar 10 cm dengan bobot gram, melakukan peregangan, menguap, dan juga jungkir balik.

Minggu 16-19
Periode ini adalah masa pertumbuhan janin dengan cepat. Pada minggu 16 mata pindah ke bagian kepala dan pada minggu 17 tubuh ditutupi rambut berbulu halus yang disebut lanugo dan cairan licin yang disebut vernix. Pada minggu 18 janin mulai bisa mendengar, dan ovarium mulai terbentuk. Pada minggu 19 rambut di kepala mulai tumbuh, panjang janin sekitar 15 cm dengan berat sekitar 260 gram.

Minggu 20-23
Kelopak mata masih tertutup, namun janin bisa melihat cahaya sebagai cahaya merah yang hangat. Pada minggu 21 tunas gigi mulai terbentuk di gusi dan janin mulai menelan cairan ketuban. Pada minggu 23 janin sudah memiliki gerakan mata yang cepat. Pada akhir minggu 23 panjang janin sekitar 20 cm dan berat sekitar 545 gram.

Minggu 24-27
Pada masa ini janin mengalami pertumbuhan badan yang cepat, jika bayi lahir pada periode ini, ada kemungkinan 50 - 90 % bayi dapat bertahan hidup. Karena pada periode ini oksigen sudah memasuki aliran darah. Pada minggu 26 janin sudah dapat mengenali rasa manis. Minggu 27 menandai awal trimester ketiga. Panjang janin sekitar 24 cm dengan berat 910 gram.

Minggu 28-31
Pada minggu 28 mata sudah terbuka, pada minggu ke 29 sistem kekebalan tubuh mulai berfungsi dan enamel mulai terbentuk pada tunas gigi didalam gusi. Pada minggu ke 30 tulang sum sum mulai memproduksi sel darah, pada akhir minggu 31 panjang janin sekitar 27 cm dengan berat 1,5 kg.

Minggu 32-35
Otak terus tumbuh, dan sudah dapat menyadari adanya suara dari dunia luar dan dapat merespon cahaya. Janin sudah menyimpan banyak lemak di tumbuhnya untuk membantu mengatur suhu setelah lahir. Pada akhir minggu 35 tingginya sekitar 31 cm dengan berat 2,3 kg.

Minggu 36-40
Pada periode bulan terakhir ini, semua organ tubuh sudah hampir sempurna, paru-paru siap untuk memulai pernafasan ketika tali pusar di potong pada saat lahir. Pada periode ini lebih adalah persiapan kelahiran, penyesuaian posisi kepala agar berpindah kebawa untuk memudahkan proses kelahiran. Pada Ibu yang baru pertama hamil, peroses kelahiran akan terjadi pada minggu 42 atau bahkan 43.

Comments

Popular posts from this blog

PERBEDAAN PANDANGAN ANTARA DEMING, JURAN, DAN CROSBY

MANAJEMEN PEMBIAYAAN

BUMI DAN LANGIT BERTASBIH